Saturday, May 18, 2013

Oblok Oblok

Mungkin cuma orang Jawa yang tau masakan ini. Isi oblok oblok bisa apa saja, sesuaikan saja dengan selera: bisa daun singkong, kelapa muda parut, teri, toge, atau malah tetelan. Yang umum pakai tempe, lebih sedap tempe beberapa hari lalu atau kata orang jawa tempe bosok/busuk...hehe.. Kalo saya pakai tempe setengah bosok..:)Campur campur sesukanya saja.  Tapi di resep ini saya cuma pakai tahu, tempe dan udang. Resep ini saya dapat dari nenek saya, Jidah Farida Yamani. Makasi resepnya Jidah..

Bahan-bahan:

  • tahu, potong2, rebus, buang airnya
  • tempe, potong2, rebus, buang airnya
  • udang, buang kepalanya
  • bawang merah 5, iris tipis 
  • bwg putih 3, iris tipis
  • cabe merah 3 atau lebih, iris serong (kalo suka pedas bisa ditambah rawit 'setan')
  • cabe ijo (kalo ada), iris serong
  • tomat segar 1 buah, potong potong
  • garam secukupnya
  • gula jawa: sisir kurleb 1 sdt
  • daun salam 2 lembar, lengkuas 1 ruas jari, daun jeruk 2 lembar
  • santan (saya pakai kara kecil)

Cara:
  1. didihkan air secukupnya (kurleb 800cc), masukkan tahu dan tempe, daun salam, daun jeruk, lengkuas (dimemarkan)
  2. tumis bumbu iris, setelah layu masukkan udang
  3. setelah udang berubah warna  masukkan santan 2/3 bagian, tambahkan garam dan gula jawa
  4. tunggu sampai santan mendidih lalu tuang ke panci berisi rebusan tahu tempe
  5. masukkan tomat yang sudah dipotong2
  6. tambahkan sisa santan, tunggu sampai mendidih, langsung matikan api.


Sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan kerupuk.
Happy cooking!

2 comments:

  1. i like this receipt, hahahaha oblok oblok...selalu pas dilidah, menceeeppp bgt...selalu bikin nagih klo mamak saya masak ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. khas Jawa banget ni masakan. Salam kenal mom.. :)

      Delete