Monday, May 6, 2013

Perkedel Kornet

Ada 2 cara mengolah kentang untuk membuat perkedel: digoreng atau dikukus. Sebenarnya itu masalah selera dan kepraktisan. Kalo digoreng tentu proses masak jadi lebih cepat dan adonan perkedel mudah dibentuk, jadi penampakannya indah, rasa agak berat..*hehe..seperti apa ya rasa berat?*. Sedangkan jika kentangnya dikukus atau direbus proses masak jadi lebih lama dan adonan lembut sehingga sulit dibentuk namun rasa lebih ringan dan lembut dilidah.

Saya pribadi lebih suka perkedel yang kentangnya dikukus(kadang direbus saja biar lebih cepat empuk), untuk menghindari proses 2x goreng...kayaknya berminyak banget. Dari beberapa resep yang saya baca di inet, yang jadi masalah membuat perkedel dengan kentang kukus adalah mudah hancur/buyar saat digoreng. Namun saya punya resep yang dijamin perkedel tidak akan hancur saat digoreng, minyak untuk menggoreng juga tetap bersih (tidak berbuih atau hitam karena telur) namun ada juga kekurangannya: sulit dibentuk! Tapi namanya makanan kan bukan untuk dipandang..melainkan dinikmati lidah..(cari excuse:p) So, resep dibawah ini tetap menjadi resep andalan buat perkedel saya... Silakan dicoba ya..:

Bahan dasar:
  • 3 buah kentang ukuran agak kecil 
  • 1 atau 2 sendok makan kornet sapi (sesuai selera)
  • 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya 
  • 2 sdm tepung sagu
  • 1 siung bawang putih ukuran besar
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
Bahan pelapis: putih telur+1/2 sdt tepung sagu, kocok hingga tercampur.

Cara membuat:
  1. Cuci bersih kentang, potong-potong dan kukus hingga lunak
  2. kupas kentang lalu haluskan
  3. haluskan bumbu: bawang putih,garam dan merica
  4. Campur kentang dengan kornet, kuning telur, tepung sagu dan bumbu
  5. panaskan minyak di wajan, bentuk adonan perkedel lalu celupkan di bahan pelapis, langsung goreng (mungkin sedikit lengket di tangan, jadi lebih baik adonan dibentuk dan langsung digoreng)
Sajikan sebagai lauk teman soto atau sop...hmm..nikmat..:) Oya, 1 resep diatas bisa untuk 10-12 perkedel.


0 comments:

Post a Comment