Monday, August 17, 2020

Risol Udang Mayo

Yippee...alhamdulillah...akhirnya ketemu juga cara agar kulit risol tidak mudah sobek saat digoreng. Dari beberapa kali saya bereksperimen dengan risol, masalah selalu pada kulitnya. Hasilnya ga tentu, kadang bagus, kadang kacau. Gawatnya situasi kacau itu justru terjadi di saat penting, yaitu saat bikin risol buat arisan. Semua risol sudah disimpan di freezer dan sengaja saya bikin lebih untuk dimakan sendiri. Pada hari H, risol risol itupun saya goreng beberapa jam sebelum acara. Alamak...hasilnya bikin saya mau nangis...hixhix... Pas digoreng satu persatu risol itu sobek kulitnya, ada beberapa yang selamat tapi lebih banyak yang 'buruk rupa'. Terpaksa risol-risol itu tetap saya hidangkan karena waktu sudah mepet. Walaupun banyak yang bilang rasanya enak, tetap saja penampilan risol saya ga OK dan itu sungguh membuat saya penasaran.
Setelah melalui beberapa percobaan, akhirnya terkuaklah misteri risol ancur saya: air saya tuang langsung semuanya ke tepung, lalu baru saya aduk rata. Mestinya: air dituang sedikit demi sedikit, adonan diaduk rata, lalu tambah lagi sebagian air, aduk lagi begitu terus hingga air habis (ini analisa ala chef sotoy, blm tanya pakarnya..-_-) Tips lain adalah dengan menambahkan sedikit tepung kanji/tepung sagu ke dalam adonan, untuk 100 gram terigu cukup tambahkan 1 sdm tepung sagu. Maka kulit risol pun tampak 'kokoh' namun tetap lembut digigit. Saat digoreng juga tidak mudah sobek/pecah.
Oke, semoga tips dan trik diatas bermanfaat untuk para pemula di dapur. Sekarang saatnya kita beraksi dengan aneka isian risol.
Kali ini saya ingin share resep risol udang mayo ala saya:

Bahan kulit:
  • Tepung terigu 125gram
  • Tepung sagu/tapioka 1 sdm
  • garam sedikit
  • telur 1 butir
  • Air 300cc (ada yang suka pake susu silakan, tapi saya ga suka pake susu)
  • margarin 1 sdm, cairkan
Cara membuat kulit risol:
  1. campur tepung terigu, tepung sagu, garam, telur, aduk dengan sendok kayu/whisk
  2. tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk terus
  3. setelah adonan tercampur rata, tambahkan mentega cair. Campur rata, diamkan sejenak.
  4. oya, kalo ingin kulit risol mulus, adonan disaring ya...(kalo saya males nyaring, nambah cucian soalnya..hehe...)
Bahan pelapis:
  • tepung terigu + maizena (perbandingan 1:1) dicampur air >versi ekonomis. Bisa juga pake putih telur.
  • tepung roti (bread crumb)
Bahan isi:
  • udang, telanjangi (buang semua kulitnya maksudnya..:))
  • udang cuci bersih, taburi garam, merica, bawang putih halus.
  • siapkan wajan dan minyak goreng, masak udang dan bumbunya sampai berubah warna
  • potong udang kecil kecil
  • siapkan mayones, tambahkan susu kental manis sedikit (jangan kemanisan ya... rasakan saja sesuai selera)
  • telur rebus: potong 8
  • keju parut (optional)
Cara:
  1. Adonan risol dituang di wajan anti lengket (saya pake yang 18 cm) bekas mencairkan mentega, selanjutnya ga perlu pake minyak atau margarin lagi karena adonan sudah pake margarin. Untuk 1 adonan diatas bisa jadi sekitar 15 lembar.
  2. Tata isiannya: udang, mayones yang sudah dicampur SKM, telur sepotong (1/8 bagian) dan taburi keju parut jika suka.
  3. Lipat bagian atas, kiri kanan lalu gulung kebawah, lem ujungnya dengan tepung terigu yang sudah dicampur air (cukup kental seperti lem). 
  4. Setelah semua risol siap, maka kerjakan bagian terakhir: satu persatu gulung risol di bahan pelapis lalu gulung di bread crumb/tepung roti hingga rata. langsung bungkus plastik dan letakkan di wadah bertutup untuk disimpan di freezer supaya lapisan luar menyatu.
  5. Goreng sesaat hendak disajikan, nikmati dengan saos sambal. Sedaap.  
Melihat resep risol yang panjang, kayaknya ribet ya? padahal kalo sudah dipraktekkan ga susah kok.. Cuma step-stepnya cukup banyak. Dan asyiknya, kita bisa bereksperimen dengan isian yang lain: ragut ayam/daging, sayur dan daging, mayones ditambah sayur salad, daging asap, dll... Atau mungkin Anda punya ide isian yang baru? Siapa tau bisa jadi trend..hehe... Ok d, selamat mencoba ya...:)



0 comments:

Post a Comment