Friday, November 8, 2013

Oseng Ati Ampela

Semenjak memutuskan hidup tanpa pembantu...*halah* saya jadi lebih akrab dengan dapur dan segala aktifitasnya. Sebenarnya masak bukan hobi saya, awalnya ini tuntutan keadaan namun kini saya lumayan enjoy di dapur. Tapi karena ga hobi ya tergantung mood aja masaknya dan ga suka masak yang berbumbu macam macam, kecuali pake bumbu jadi..:D
Di freezer saya ada ati ampela yang sudah kedinginan selama sebulan..(ih..kasian ya?). Maen beli aja, masaknya entar entar tunggu mood dan wangsit..hehe...maklum saya belum pernah masak ati ampela sendiri. Biasanya dimasakin 'asisten'. Ga tega juga liat ati ampela merana segitu lamanya..akhirnya dengan tekad bulat ati ampela itu saya keluarkan dari freezer untuk dimasak hari ini. Tapi dimasak apa ya? Trus amis ga ya? Gimana ya biar ga amis?
Untung ada mbah google..langsung saya brosing dan ketemu beberapa resep masakan dengan ati ampela. Pilihan saya jatuh pada masakannya mbak asri, judulnya gongso ati ampela. Gongso itu sodaranya tumis dan oseng. Saya sendiri kurang tau apa beda tumis dan oseng. Kalo 'gongso' itu bahasa Jawa untuk tumis/oseng. Dengan beberapa modifikasi sesuai selera, jadilah saya masak ati ampela saya yang untungnya belum expired..(thanks to freezer). Pertama ati ampela saya cuci, lalu potong potong dan diberi perasan jeruk nipis (parno..takut amis). Selanjutnya, silakan cek tkp untuk resep lengkapnya:
Bahan:
  • Ati ampela 5 pasang: potong potong
  • daun bawang: iris sesuai selera
  • tomat: potong potong
  • daun jeruk: 2 lembar sobek sobek
  • 1 sdm kecap manis
  • air kurleb 150cc
  • minyak untuk menumis kurleb 5sdm
Bumbu halus:
  • bawang merah 5 siung besar
  • bawang putih 3 siung besar
  • cabe merah keriting 5 (lebih/kurang sesuai selera pedas)
  • garam
Cara mengolah:
1. cuci ati ampela yang sudah dipotong, beri perasan jeruk nipis, cuci lagi, tiriskan
2. tumis bumbu halus hingga harum
3. masukkan ati ampela, masak agak lama agar ati ampela benar benar matang, masukkan daun jeruk
4. beri kecap manis, tambahkan air dan daun bawang
5. tambahkan gula, jika rasa sudah ok masukkan potongan tomat.
6. Masak hingga kuah mengental.
Matikan api dan sajikan dengan taburan bawang goreng (kalo ada)



Saya cukup takjub dengan hasilnya: maknyuuusss...uenak tenan... apalagi dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk..hilang semua rasa penat setelah masak..hehe..
Penasaran? Sekarang giliran Anda mencoba! :)

0 comments:

Post a Comment