Tuesday, December 3, 2013

Ikan Kembung Bumbu Siram

Setelah bosan dengan menu ayam dan daging, sekarang saya ingin mencoba masak dengan bahan utama ikan. 'Korban' eksperimen saya adalah ikan kembung. Beli di tukang sayur sekantong isi 4 ekor, simpan dulu di freezer. Mulai deh saya cari cari resep di internet dan lagi lagi pilihan jatuh pada masakannya mbak asri, karena ga ribet bikinnya namun menggugah selera. Bedanya dengan resep asli, ikan kembung gorengnya ga saya masak lagi di tumisan, tapi langsung aja disiram bumbu tumis. Hasilnya not bad: nasi segunung ludes!:) Langsung aja saya share resepnya ya...:
Bahan-bahan dan cara mengolah:
  • ikan kembung 1/2 kg: cuci bersih, kucuri air jeruk nipis dan beri garam, diamkan sejenak
  • siapkan bahan bumbu siram: iris 4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 bawang bombay, cabe merah dan hijau, tomat merah dan hijau, daun salam
  • goreng ikan kembung, tata di piring saji
  • tumis bumbu siram: panaskan minyak, tumis trio bawang lebih dulu hingga harum, lalu masukkan cabe dan daun salam. Tambahkan air, garam, gula. Jika rasa sudah pas, masukkan tomat. Tunggu hingga kuah agak susut, jika sudah matang siram di atas ikan kembung gorengnya.
Mudah ya? Rasanya segar: pedas, manis, asam.. Saya suka tomat, jadi tomat saya banyakin sehingga rasanya asam segar. Jika anda penggemar pedas tentu bisa Anda tambahkan cabe rawit merah. Selamat mencoba!
ikannya tak nampak, 'kebanjiran' bumbu..:)

0 comments:

Post a Comment