Sunday, December 8, 2013

Udang Asam Manis Praktis

Udang adalah salah satu makanan favorit saya. Biasanya saya masak balado, atau digoreng tepung. Kadang juga untuk campuran masakan berkuah atau tumisan. Udang bisa menambah cita rasa masakan karena rasanya yang gurih. Sebagai variasi dari udang balado, saya mencoba membuat udang asam manis karena kebetulan masih ada saos bangkok (rasa pedas asam manis). Saos tomat dan saos sambal juga ada. Jadilah masakan mudah yang cukup menggugah selera. Saya kombinasikan antara versi praktis dan versi rempong...:D Dibawah ini saya share dua versi-nya:
Bahan dan cara:
  • Udang 1/2 kg: buang kepala dan kupas kulitnya. Kerat bagian punggungnya, keluarkan kotoran hitam seperti benang, cuci bersih (kalo udangnya kecil ga usah dikerat punggungnya)
  • bawang bombay: 1/2 atau 1 (tergantung ukuran). potong potong
  • bawang putih 3 siung besar: cincang
  • garam, gula
  • saos tomat, saos sambel, saos bangkok (asam manis)
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih
2. masukkan udang, masak hingga berubah warna dan matang merata
3. beri saos tomat, saos sambel, saos bangkok (takaran sesuai selera)
4. tambahkan garam dan gula
5. jika ingin lebih asam tambahkan potongan tomat
Praktis ya? Karena itu memang versi praktis ala lazy chef. Namun jika anda mau sedikit repot, lebih sehat pakai yang asli (pengganti saos-saos): haluskan cabe merah 7, bawang merah 3, tumis, tambahkan tomat dan cuka secukupnya. Untuk memantapkan tetaaap: tambahkan saos sesuai rasa yang diinginkan..hehe... (mau dominan rasa yang mana, gitu maksudnya...). Monggo dicoba...

0 comments:

Post a Comment