Wednesday, August 5, 2020

Manfaat Gula Kelapa Bagi Kesehatan

membuat gula kelapa secara tradisional

Gula yang berwarna cokelat ini sering kita sebut sebagai gula merah, gula kelapa, atau gula jawa.

Gula kelapa menarik perhatian banyak orang yang sadar kesehatan karena kandungan fruktosa yang rendah dan indeks glikemik yang rendah. Gula kelapa asli juga tidak dimurnikan atau diubah secara kimia dan tidak mengandung bahan buatan atau zat sintetis.

Berikut ini enam manfaat luar biasa dari gula kepala yang membuat Anda yakin untuk menyingkirkan gula putih.

Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (GI) adalah pengukuran yang mengevaluasi makanan yang mengandung karbohidrat dan dampaknya terhadap kadar gula dan glukosa darah kita.

GI Gula kelapa berkisar relatif rendah yaitu 35 dibanding gula lain yang diatas 60.

Selain itu, gula kelapa mengandung serat yang disebut inulin yang diketahui memperlambat penyerapan glukosa.

Nutrisi relatif tinggi

Mengandung sekitar 16 kalori dan empat gram karbohidrat per sendok teh, gula kelapa mungkin tidak menurunkan asupan kalori Anda.

Sementara, gula putih biasa adalah apa yang disebut sebagai ‘kalori kosong’ yang berarti tidak mengandung nutrisi.

Gula kelapa, kaya akan antioksidan, zat besi, kalsium, dan kalium.

Tidak disempurnakan

Gula kelapa adalah salah satu pemanis alami yang paling dicari. Jauh dari proses pemurnian yang luas, yang harus dijalani oleh gula biasa, gula kelapa murni dan langsung dari alam. Anda dapat menggunakannya untuk menyiapkan berbagai makanan penutup dan minuman.

Sedikut kandungan fruktosa

Fruktosa adalah varian gula yang dengan cepat diubah menjadi lemak oleh tubuh kita. Fruktosa tidak mudah dipecah, dan hanya hati yang mampu memecah fruktosa, dan penguraian kompleks ini mengarah pada pembentukan trigliserida (suatu bentuk lemak).

Gula kelapa mengandung 70 hingga 75 persen sukrosa dan sekitar 20 hingga 30 persen fruktosa dibandingkan dengan gula putih yang tinggi dalam fruktosa dan glukosa.

Elektrolit yang lebih baik

Dengan kadar kalium, magnesium dan natrium yang tinggi, gula kelapa memiliki kemampuan untuk mengatur kadar air dalam tubuh.

Tahukah Anda bahwa ia memiliki kalium sekitar 400 kali lebih banyak daripada gula putih ?! Jadi, pastikan Anda menggunakan pemanis jenis ini dalam jumlah sedang.

Baik untuk kesehatan usus

Kandungan serat dalam gula kelapa memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan bifidobacteria usus.

Bifidobacteria telah dikenal untuk membantu memulihkan bakteri baik dalam usus dan juga meningkatkan kekebalan Anda. Bifidobacteria diketahui memproduksi tiamin, riboflavin, vitamin B6, dan vitamin K.

Perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari gula kelapa, Anda harus berhati-hati memilih gula kelapa yang asli, bukan yang campuran. Beberapa merek mungkin menjual gula kelapa yang dicampur dengan gula tebu. Karena itu, baca label bahan dengan cermat sebelum membeli.

Sumber: Intisari.grid.id

0 comments:

Post a Comment