Monday, November 18, 2013

Sambal Goreng Ati Kentang

Sudah lama saya kepingin banget bisa masak sambel goreng yang rasanya bener bener sambel goreng (maksudnya bukan rasa balado geto loh..). Nah..kebetulan sekali di freezer masih ada ati sapi dari idul adha lalu. Hmm..kayaknya sudah saatnya dieksekusi nih. Berikutnya, berburu resep yang oye, maka mulailah saya brosing 'resep sambal goreng ati'. Beberapa resep saya baca namun masih belum sreg, yang ada rasa curiga..ni resep bener ga si?? (masih parno ngikutin resep dari inet...beberapa kali gagal soalnya..hikshiks..*eits, jangan nyalahin resep ya...beda tangan beda hasil :P) Curiga saya ada alasannya...dari resep yang bumbunya rame banget, sepi banget, sampai cara mengolah ati sapi yang saya takut bau amis gitu.. Maklumlah saya kan newbie di dapur, masak sambal goreng ini pun adalah pertamax banget.. So, daripada curiga melulu, saya pun telpon tante saya di Semarang dan bertanya sepuasnya. Dan hasilnya: ati sapi direbus dulu (beberapa resep, ati langsung digoreng atau hanya disangrai), untuk bumbu pakai kemiri dan air asam. Hasilnya cukup memuaskan, rasanya mengingatkan saya pada sambal goreng buatan mama (alm), tapi warnanya kurang semarak..kurang merah karena ga pake cabe merah besar, cuma pake cabe merah keriting saja.... Jadi saran saya, pake cabe merah besar juga ya...biar sambel gorengnya cakep kayak yang bikin -_-
Sekian kata pembuka dari saya...sekarang kita langsung intip resepnya yuk ah...
Bahan:
Ati sapi 250 gram
kentang 2 atau 3 buah
daun salam 2 lembar
lengkuas secukupnya, memarkan
bawang merah : 4 buah diiris tipis
air asam secukupnya
garam dan gula (gula aren/gula pasir) secukupnya
santan encer kurleb 200 cc dan kental 100cc

Bumbu yang dihaluskan:
10 cabe merah (keriting campur merah besar)
4 butir bawang merah
3 siung besar bawang putih
3 butir kemiri

Cara mengolah:
1. rebus ati sapi, buang airnya, ati dipotong dadu, goreng sebentar, sisihkan
2. kentang potong dadu, goreng, sisihkan
3. siapkan minyak: tumis irisan bawang merah, masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas
4. tumis bumbu agak lama hingga bumbu cukup matang, lalu masukkan ati sapi
5. masukkan santan encer, tambahkan garam, gula, air asam
6. masak hingga santan hampir habis lalu masukkan kentang goreng
7. jika rasa sudah ok, terakhir masukkan santan kental
8. Tunggu hingga santan menyusut.
Sambal Goreng ala lebaran pun siap disajikan! Semoga sukses mencoba resep di atas ya...:)
Sambel gorengnya pucat...karena ga pake cabe merah besar:(



0 comments:

Post a Comment