Wednesday, November 20, 2013

Telur Kuah Kecap


Soal masak yang gampang gampang, itu hobi saya... Buat saya, lebih baik menyajikan masakan yang ga ribet bikinnya daripada masak pake bumbu jadi bermerek yang biasanya mengandung pengawet dan banyak MSG-nya. Namun, bukan berarti saya anti bumbu jadi. Sebagai ibu rt tanpa asisten, memasak adalah bagian dari tugas rutin yang menyita banyak waktu..sehingga harus disiasati. Sesekali beli masakan jadi, seperti gado gado atau ayam goreng tepung. Saya juga sedia stok bumbu jadi tapi bumbu ini buatan teman, tanpa merek, tanpa MSG dan pengawet. Jadi harus disimpan di freezer, diantaranya bumbu soto, rawon, nasi goreng, dan gule. Sangat praktis dan rasanya cukup mantap.
Jadi out of topic nih... Ok d, sekarang kembali ke topik semula...emang apaan ya topiknya? oh iya...soal masakan gampang. Ya...memang kalo lagi males masak, tanggung bulan pula...pilihannya adalah memanfaatkan apa yang ada dan dimasak ala lazy chef. Salah satu resep andalan saya adalah telur kecap ini yang diajarkan oleh mama (alm) saya. Telurnya bisa di rebus dulu atau langsung diceplokin di kuahnya. Saya lebih suka langsung diceplokin. Dan sebagai penyuka tomat, saya tambahkan irisan tomat juga di akhir cerita..:)
Kali ini saya ingin berbagi resep ini dengan Anda semua, semoga bermanfaat..
Bahan:
  • telur 3 butir (jumlah terserah)
  • bawang merah 5 butir besar: iris tipis
  • bawang putih 3 siung besar: iris tipis
  • cabe merah kriting dan cabe ijo besar 5 (sesuai selera pedas): iris serong
  • tomat: iris sesuai selera
  • kecap secukupnya
  • daun salam dan lengkuas
  • garam dan gula secukupnya
Cara:
  1. Siapkan minyak: tumis bawang merah, bawang putih, cabe, daun salam dan lengkuas
  2. masukkan air kurleb 300cc, biarkan hingga mendidih
  3. tambahkan garam, gula, kecap
  4. jika rasa sudah ok, ceplokkan telur satu persatu di kuah mendidih
  5. biarkan hingga telur matang, tambahkan irisan tomat. Selesai deh!
Hidangan sedap dalam sekejap pun siap! Bisa ditambahkan tempe mendoan dan krupuk untuk meramaikan meja makan. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment