Thursday, February 20, 2014

Brownies Kukus ala Ny.Liem

Iseng iseng saya coba bikin brownies kukus dengan resep yang populer dipakai teman teman, yaitu resep Ny.Liem. Banyak yang bilang enak. Berhubung saya juga ga punya oven, maka membuat camilan untuk keluarga cuma yang digoreng atau dikukus. Walaupun baru pertama kali membuat brownies kukus ini ternyata hasilnya alhamdulillah....enyaaak...hehe.. Hanya saja loyangnya kekecilan jadi browniesnya sampai kena kain penutup dandang. So, next time mesti pakai loyang yang sedikit lebih besar. Dibawah ini saya bagikan resepnya, sudah saya convert jadi 1/3 bagian untuk semua bahan (saya bikin 1/3 resep saja).

Berikut resepnya:
Bahan I:
telur 4 butir
gula pasir 135 gram
emulsifier (ovalet, SP) 1/2 sdt
vanili bubuk 1/4 sdt

Bahan II:
tepung terigu 85 gram
coklat bubuk 35 gram
baking powder 1/4 sdt

Bahan III: Lelehkan dengan cara ditim
minyak sayur 120ml
dark cooking chocolate (saya pake cooking chocolate biasa) 70 gram

Bahan IV:
susu kental manis (bisa putih atau coklat) 60ml ( saya pakai 2 sachet SKM Frisian Flag)

Cara membuat:
  1. Siapkan: loyang, olesi dengan mentega dan taburi tepung atau beri minyak dan alasi dengan kertas roti
  2. Siapkan juga dandang untuk mengukus, bungkus tutupnya dengan kain/lap bersih yang menyerap
  3. Bahan III: masukkan cooking chocolatenya ke minyak dan tim hingga coklat meleleh (ga perlu sampai mendidih), aduk rata.
  4. Bahan I: mixer hingga adonan mengembang dan kental
  5. Masukkan bahan II ke dalam adonan yang sudah selesai dimixer, dengan cara diayak, masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan atau mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. 
  6. Masukkan bahan III, aduk pelan atau mixer dengan kecepatan rendah hingga rata.
  7. Bagi adonan menjadi 3 bagian, yang 1 bagian dicampur dengan bahan IV yaitu susu kental manis, aduk rata (kalo saya yang bagian ini lebih sedikit dari yang lain).
  8. Oya, jangan lupa memanaskan dandang untuk mengukus ya.... Tuang 1 bagian adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit, lalu tuang 1 bagian yang ada susu kental manisnya dan kukus 8 menit. terakhir, tuang sisa adonan ke loyang dan kukus selama kurleb 20 menit.
Catatan:
  • Saat mengaduk bahan lain ke dalam adonan yang sudah dimixer, usahakan tidak mengaduk terlalu lama karena hasilnya bisa bantat. 
  • Pastikan air untuk mengukus cukup untuk mengukus selama kurleb 40 menit.
  • Kukus dengan api sedang, kalo api terlalu besar brownies akan bergelombang permukaannya.
  • takaran gula saya kurangi, mestinya 150gr, krn menurut saya terlalu manis. Sesuaikan dengan selera ya Bun.
Selamat mencoba :)


0 comments:

Post a Comment