Sunday, February 16, 2014

Resep Soto Bening/Kuning Sederhana

Kadang saya malas masak soto karena saya pikir bumbunya macam macam. Biasanya saya pakai bumbu jadi homemade buatan teman yang rasanya cocok. Tapi karena sedang tak ada persediaan dan malas pula ngulek2, akhirnya saya beli bumbu soto kemasan merek b*****. Ternyata....kapok..hehe...not my taste, warna kuah juga coklat bukan kuning. 
Maka saya pun mulai ngulik resep soto di internet. Ada macam macam jenis soto, yang berdasar tempat asal seperti: soto kudus, lamongan, bandung...sampai yang berdasar warna: soto kuning dan kuah bening. Saya pilih yang gampang aja, dan saya ubah sedikit sesuai selera dan pengalaman. Maka jadilah soto kuah bening yang segar, dimakan dengan tambahan jeruk nipis dan kecap pedas....hmm...nyam nyam deh...:)
Kalau lebih suka kuah kuning cukup tambahkan kunyit kira kira 3cm (haluskan dan tumis dengan bumbu lain), bahan lain sama. berikut resepnya:

Bahan bahan:
Ayam 1/2 ekor: potong sesuai selera atau suwir dagingnya
1cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk, sobek sobek
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt bubuk kaldu ayam

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
3 siung bawang merah

Pelengkap:
soun, toge/kol, daun bawang/seledri, bawang goreng, jeruk nipis, sambel kecap. Bisa ditambah tomat dan telur rebus (sesuai selera saja)

Cara:
  • rebus ayam dalam 1500ml air hingga ayam empuk
  • tumis bumbu halus bersama jahe, serai, daun jeruk
  • masukkan tumisan bumbu ke dalam air rebusan ayam, tambahkan garam, lada bubuk, kaldu bubuk
  • masak hingga mendidih dan cicipi. Rasa sudah pas? Selesai deh, hidangkan dengan pelengkap sesuai selera. 
Silakan dicoba dan semoga cocok dengan selera Anda!

0 comments:

Post a Comment