Wednesday, March 12, 2014

Resep Sayur Asem

Masak sayur asem ternyata gampang gampang susah ya... Gampang karena bahan dan bumbunya mudah didapat, susahnya buat bikin rasa yang pas, antara asam, manis dan pedasnya. Saya merasa tertantang untuk menaklukkan masakan ini (duh..bahasanya 'sesuatu' banget..padahal cm urusan sayur asem^^). Pernah coba masak, kayaknya rempong banget..rasanya gak pas pas terus...jadi main tambah ini tambah itu, asem ditambah2 terus sampe rasa asemnya terasa, gula jawa juga ditambah tambah hingga berasa manisnya. Agak nyerah juga, jadi saya tambah royco kaldu sapi...hehe.. lumayan buat menambah cita rasa karena saya ga pake tetelan. Anyway, walaupun saya masih terus belajar masak sayur asem dengan baik dan benar, saya beranikan diri berbagi resep di blog ini, semoga bermanfaat buat para 'juru masak' pemula dan terutama buat diri saya sendiri. Sekian dulu pidatonya, sekarang saatnya masak....yuk ah..

Bahan bahan:
jagung manis 1/2 buah: potong potong
labu siam: 1/2 buah, potong potong
kacang tanah secukupnya
kacang panjang secukupnya: potong potong
melinjo dan daun melinjo

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
2 buah cabe merah
1/2 sdt terasi bakar
2 butir kemiri atau kacang tanah (optional, boleh diskip kalo mau sayur asemnya bening)
gula merah (disisir) 2 sdm (atau lebih sesuai selera)
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Bumbu lain:
lengkuas 2 cm: memarkan
daun salam 2 lembar
3 sdm air asam jawa
1 cabe ijo, potong potong

Cara memasak:
1. Rebus air kurleb 1 liter, masukkan sayuran keras: jagung, melinjo, kacang tanah
2. masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas
3. masukkan air asam jawa dan asamnya juga plus cabe ijo
4. masukkan sisa sayuran, tambahkan garam dan gula hingga rasa cukup pas. masak hingga matang.
Sayur asem pun siap disantap! Semoga enak ya... :)

0 comments:

Post a Comment