Friday, July 17, 2020

Jangan Salah Kaprah: Mana yang Lebih Sehat, Gula Aren atau Gula Kelapa?

Siapa sih yang ga pengen sehat? Banyak cara menuju sehat, salah satunya dengan mengurangi konsumsi gula pasir atau gula tebu. Seperti bunyi iklan pemanis yg itu: ganti gula anda dengan..... Titik-titiknya bisa diisi sendiri, tapi setelah membaca yang berikut yaa...:)

Banyak orang kini beralih ke gula aren atau gula kelapa sebagai pengganti gula pasir. Jenis yang populer adalah gula semut, berbentuk butiran berwarna coklat. Di bungkusnya biasa ditulis: Palm sugar (gula aren) atau coconut palm sugar (gula kelapa). Etapiii. ...taukah teman-teman, mana yang lebih sehat: gula aren atau gula kelapa? 

Gula aren

Gula aren adalah gula yang dihasilkan dari tanaman aren atau palem (palm tree) sehingga sering disebut sebagai palm sugar atau palm suiker. Nira dari tandan bunga pohon aren diproses menjadi pemanis alami melalui proses pemanasan dan pendinginan. Gula aren biasanya dicetak dalam bentuk silinder dan setengah lingkaran. Bentuk olahan lain berupa gula semut yang kini populer sebagai pengganti gula pasir. Gula aren memiliki indeks glikemik lebih rendah dari gula pasir tapi lebih tinggi dari gula kelapa yaitu sekitar 70 (dari skala 0-100).

Gula kelapa

Gula semut adalah salah satu bentuk olahan gula kelapa (coconut sugar) yang bahan bakunya dari pohon kelapa. Olahan gula kelapa biasanya diproses ke dalam dua bentuk, yaitu gula kelapa cetak dan gula semut. Penyebutan coconut sangat penting untuk membedakan gula semut yang berbahan kelapa dari gula kristal lain yang bisa jadi terbuat dari tebu, aren/enau, siwalan, nipah, dan tanaman keluarga palma lainnya.
Selain dari salah kaprah dalam penyebutan, ternyata gula aren dan gula kelapa  juga berbeda indeks glikemiknya. Glikemik adalah senyawa di dalam gula yang berpengaruh pada nilai kemanisan kandungan masing-masing bahan. Indeks glikemik gula aren sebesar 70 sedangakan gula kelapa hanya sebesar 35 atau setengahnya. Sementara jika dibandingkan dengan gula putih atau gula pasir, indek glikemiknya tentu lebih tinggi mencapai 85 hingga 93.

Jadi, mana yang anda pilih? Gula pasir, gula aren atau gula kelapa?
-dari berbagai sumber-

Next post: Gula Putih dan Gula Merah.


0 comments:

Post a Comment